Trip Backpacker Karimunjawa Sendirian

Backpackeran Ke Karimunjawa Sendiri, tentu bisa saja dilakukan. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, informasi tentang karimunjawa begitu mudah kita dapatkan via internet. Tempat wisata karimunjawa yang sudah boming dari 3 tahun lalu, menjadi trending topik di dunia maya, karena keindahan pulau dan pantainya, serta pemandangan under water nya.

snorkeling di karimunjawa

Berikut Cara Menuju Ke Karimunjawa

Ada 2 jalur yang bisa kita ambil untuk sampai ke Pulau Karimunjawa.

1. Via kota Semarang
Untuk melalui jalur ini kita bisa naik bus dari kota asal kamu menuju Semarang. Ambil jurusan lagi menuju Pelabuhan Tanjung Mas. Dari Pelabuhan Tanjung Mas kita tinggal menyeberang ke Karimunjawa menggunakan kapal cepat KMC Kartini 1.

2. Via kota Jepara
Kita bisa naik bus dari Semarang menuju jepara, setelah sampai di terminal Jepara kita bisa naik becak ke Pelabuhan Kartini. Di pelabuhan jepara ada 2 kapal yang bisa kita pilih untuk menyeberang ke Pulau Karimunjawa, yaitu kapal cepat Ekspress Bahari dan kapal feri KMP Siginjai.

Kapal Tujuan Karimunjawa

Kapal Express Bahari
Harga tiket kapal cepat express bahari tahun 2016 adalah Rp 150.000 untuk kelas executive dan Rp 175.000 untuk VIP. Dengan kapal ini membutuhkan waktu 2 jam perjalanan menuju pulau karimun jawa dengan jadwal hari senin, selasa, jumat, dan sabtu.

Kapal Fery Siginjai
Kalau kita ingin mendapatkan pengalaman yang lain, kita bisa ikut kapal fery KMP siginjai. Bagi yang suka mabuk laut jika naik kapal, dimohon tidak ikut kapal ini, karena membutuhkan waktu penyeberangan selama 5 jam. Harga tiket kapal KMP Siginjai pada tahun 2016 Rp 60.000 untuk kelas ekonomi, dan Rp 110.000 untuk kelas VIP. Jadwal ke Karimunjawa tiap hari senin, rabu, dan sabtu.

Oh ya travelers, jadwal keberangkatan kapaldi atas bisa berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi do perairan jepara dan karimunjawa. Kapal kapanpun bisa saja menunda keberangkatan atau malah tidak berangkat sama sekali, jika cuaca tidak memungkinkan untuk penyebrangan. Maka disarankan jika mau liburan ke karimunjawa, cek dulu cuaca dan gelombang melalui BMKG.

SENDIRIAN DI KARIMUNJAWA, SIAPA TAKUT?

Sesampainya di Pulau Karimunjawa sebaiknya kita cari penginapan dulu untuk istirahat. Cari aja yang kelas menengah ke bawah. Banyak sekali penginapan karimunjawa yang murah dan terjangkau dengan kamar yang bersih. Homestay Azza salah satunya, kamu bisa membaca dan melihat gambarnya di tautan berikut ini, KLIK DISINI.

Tapi jika ingin yang menegah ke atas, di karimunjawa juga sudah ada beberapa penginapan private. Hotel dan resort di karimunjawa menawarkan berbagai macam fasilitas, seperti AC, kolam renang, cafe bar, dll. Untuk info daftar penginapan karimunjawa, silahkan baca KLIK DISINI.