Wisata Bersama Hiu di Karimun Jawa

wisata bersama hiu di karimun jawa
wisata hiu karimun jawa

Berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa kurang lengkap rasanya apabila belum mengunjungi pusat penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa. Bahkan, setiap agen wisata tour di Jepara dan Karimunjawa sudah pasti memasukkan jdwal acara berkunjung ke sana.

kapal wisata melayani tour ke penangkaran hiu karimunjawaPulau Menjangan Besar di Taman Nasional Karimunjawa merupakan tempatnya penangkaran hiu. Pulau ini berada di sebelah Selatan Pulau Karimunjawa dan berjarak sekitar 10 menit dengan menggunakan kapal motor.

Penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar terdapat dua kolam, kolam pertama berisi ikan hiu dengan usia muda yang berjumlah sekitar 10 ekor dan kolam yang kedua berisi ikan hiu berusia tua dan berjumlah kurang lebih 15 ekor. Salah satu jenis ikan hiu yang terdapat di sini adalah hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. Hiu jenis tersebut lebih menyukai dan memilih habitat di perairan dangkal berpasir dan bahkan ada yang memilih untuk tinggal di perairan air tawar.

penangkaran hiu di pulau karimunjawa
wisatawan berfoto di penangkaran hiu karimunjawa
Hiu merupakan predator yang sering memangsa ikan-ikan kecil, lobster, udang, kepiting, cumi-cumi, dan bahkan ular laut, serta burung. Hiu sebenarnya jarang membahayakan manusia tetapi untuk menjaga keselamatan maka sebelum masuk ke dalam kolam pastikan tidak ada luka di tubuh Anda, karena hiu sangat sensitif dengan bau darah yang dapat membuatnya agresif. Tetapi karena sudah terbiasa dekat dengan manusia, maka hiu di penangkaran karimunjawa sudah cukup jinak. Bahkan wisatawan bisa masuk ke kolam untuk sekedar berenang atau berfoto bersama.

wisatawan bermain dengan hiu di karimunjawaBagi Anda yang ingin menguji adrenalin tempat ini dapat saja berenang bersama hiu-hiu yang jinak. Ini dapat menjadi sensai yang mendebarkan sekaligus mengasyikkan. Anda juga bisa berfoto dengan hiu-hiu dan bintang laut yang ada di dalam kolam tertentu. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tidak perlu kawatir karena tempat penangkaran ini cukup dangkal Selama Anda melakukan aktivitas dengan hiu-hiu di dalam kolam, petugas penyelamat dan pemandu wisata Karimun Jawa Kita pun senantiasa berjaga-jaga di pinggir kolam.

Nah apakah anda berminat ke karimun jawa, jangan lupa mampir dan foto bersama di penangkaran hiu karimunjawa.