Tempat Wisata Di Jepara (Bagian 1)

tourist map kabupaten jepara
tourist map jepara

Jepara merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di arah barat dan utara. Di arah timur berbatasan wilayah Kabupaten Pati dan juga Kabupaten Kudus, sedangkan di selatan berbatasan dengan Kabupaten Demak. Kota Jepara selain terkenal dengan kota ukir, juga mempunyai keindahan alam yang amat elok terutama dengan keindahan alam pantainya. Sebagai kota yang terletak di wilayah utara pulau Jawa maka tak heran lagi jika Jepara memiliki tempat wisata pantai yang cukup banyak.

Sebenarnya ada banyak tempat pariwisata di Kabupaten Jepara, yang terkenal disana adalah wisata pantainya, karena memang Kabupaten Jepara dekat dengan laut. Ini adalah beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi baik oleh warga sekitar ataupun dari luar Kabupaten Jepara.

vacation kepulauan karimunjawa
visit karimunjawa

1. Kepulauan Karimunjawa
Wilayah Jepara juga meliputi daerah Kepulauan Karimun jawa, yaitu sebuah gugusan yang terdiri dari pulau-pulau di kawasan Laut Jawa dan merupakan satu-satunya kecamatan yang terpisah dengan pulau jawa. Dulunya di Karimun Jawa terdapat dua pulau terbesar yaitu Pulau Karimunjawa serta Pulau Kemujan, namun seiring dengan waktu kedua pulau tersebut akhirnya disatukan menjadi satu daratan saja. Sebagian besar daerah Karimunjawa dilindungi dalam sebuah Cagar Alam Laut Karimunjawa. Untuk menyebrang menuju kepulauan ini dilayani oleh transportasi laut berupa kapal ferry yang selalu bertolak dari Pelabuhan Kartini Jepara. Untuk Anda yang mencari tempat wisata yang menarik di wilayah jepara.

kura kura sebagai maskot pantai karini
kura kura pantai karini
2. Pantai Kartini dan Pulau Panjang
Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan.

Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, sebagian aquarium Kura-kura, motel, permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.

Di tempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut, terdapat pula deretan toko souvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan.

Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Sekarang juga sudah tersedia sarana transportasi ke Karimunjawa dari dermaga Pantai Kartini yaitu KMP. MURIA (waktu tempuh 6 jam) dan Kapal Cepat KARTINI I (waktu tempuh 2,5 jam).



museum RA kartini jepara
museum RA kartini
3. Museum RA. Kartini
Museum RA. Kartini terletak di pusat kota atau tepatnya di depan Kantor Bupati Jepara. Museum RA Kartini sangat mudah ditemui karena dekat dengan alun-alun kota Jepara dan termasuk jenis museum umum dan sekaligus sebagai Obyek Wisata sejarah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara.

Museum ini dibuka setiap hari dan sering dikunjungi para wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Museum RA Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, SH, sedangkan peresmiannya dilakukan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati KDH Tingkat II Jepara, Soedikto, SH. Museum RA Kartini paling ramai dikunjungi wisatawan pada bulan April, karena pada bulan tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran RA. Kartini yaitu 21 April.