Tips Mengatasi Mabuk Laut Saat Liburan Ke Karimunjawa

mabuk laut saat liburan
mabuk laut
Karimunjawa adalah suatu kepulauan yang berada di tengah laut Jawa. Untuk bisa sampai di Pulau Karimunjawa salah satunya adalah dengan menggunakan transportasi  kapal laut. Seperti diketahui bersama, bahwa perjalanan via laut tak semudah seperti Kita menempuh perjalanan lewat darat. Banyak orang yang tidak berani melakukan perjalanan laut. Alasannya bermacam-macam, ada yang tidak bisa berenang dan takut tenggelam, ada juga yang khawatir kena mabuk laut selama perjalanan.

Dalam perjalanan ke pulau karimunjawa, memang kita dituntut untuk naik kapal sebagai transportasi yang cukup murah dan mudah, disamping mungkin bisa memakai alternatif naik pesawat terbang. Namun karena biaya yang lebih murah, maka banyak orang yang memilih menggunakan kapal laut. Jika Kita memang memiliki kecenderungan sering pusing dalam berkendara, maka akan bisa dipastikan bisa terkena mabuk laut jika naik kapal. Perjalanan selama 2 jam jika naik kapal cepat dari jepara, dan 5 jam memakai kapal ferry, adalah sesuatu yang bisa dijadikan orang malas berlibur ke karimunjawa. Lebih-lebih memang punya penyakit mual dan pusing dalam berkendara, hal ini pasti sangat tidak mengenakkan.

Gejala Mabuk Laut

mual dan muntah gejala mabuk lautSejumlah faktor dapat berkontribusi terhadap kondisi mabuk laut. Biasanya mabuk laut diawali dengan merasa pusing dan mual. Mabuk laut dapat terjadi karena adanya konflik antar indera di tubuh manusia. Bagian saluran berisi cairan di telinga, yaitu bagian yang bertugas mengontrol rasa keseimbangan akan memberitahu kepada otak bahwa tubuh sedang bergerak. Sementara jika indera penglihatan mata yang melihat sekeliling memberitahu otak bahwa tidak ada pergerakan, maka konflik itu akan terjadi.

Konflik diantara kedua indera tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi sistem pencernaan tubuh Kita. Sebagian orang memang ada yang bisa menoleransi rasa ketidakseimbangan tersebut, akan tetapi bagi sebagian orang lain, hal ini mungkin bisa sangat menyiksa dan membuat tidak nyaman. Karenanya, cara pencegahan untuk setiap orang bisa saja berbeda-beda, tergantung masing-masing tubuh itu sendiri.


Berikut ini adalah beberapa tips agar Kita terhindar dari mabuk laut:

1. Usahakan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh, karena letih dan lelah bisa membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit mabuk laut.

2. Usahakan untuk bisa bangun lebih awal saat akan bepergian, sehingga bisa ada waktu lebih untuk makan dengan santai dan memberikan waktu pada perut kita untuk mencerna makanan dengan baik.

3. Mengkonsumsi air putih yang cukup sebelum perjalanan sangat baik untuk menghindari dehidrasi. Menjaga tubuh agar tetap netral bisa membuat kita terhindar dari mabuk laut, selain itu usahakan untuk tidak mengkonsumsi alkohol dan kopi karena bisa menyebabkan dehidrasi dan tenggorokan kering.

4. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe 12-24 jam sebelum melakukan perjalanan jauh. Mengkonsumsi jahe bisa dilakukan dengan membuat minuman hangat dengan campuran jahe yang ditumbuk, atau istilah awamnya minum wedang jahe. Atau kalau memang mau, bisa mengemil jahe mentah beberapa jam sebelum perjalanan juga bisa membantu mengatasi mual dan pusing karena mabuk laut.

5. Jangan biarkan perut kita kosong atau terlalu kenyang. Perut kosong dapat menimbulkan pusing, sedangkan perut kenyang bisa mengakibatkan ingin buang air besar. Makanlah dan minumlah secukupnya saja untuk mengurangi mabuk laut.

6. Usahakan untuk bisa duduk di bangku barisan tengah, serta sebisa mungkin hindari bangku bagian belakang. Jangan melihat percikan gelombang bekas kapal yang biasa ada di belakang dan samping kapal. Lihatlah keluar kapal dengan memandang ujung horizontal laut,

7. Jika mulai merasakan pusing dan mual, cobalah berdiri atau berjalan-jalan. Usahakan juga untuk tidak duduk atau menunduk, karena bisa membuat kondisi tubuh semakin buruk.

8. Segera pilih paket wisata karimun jawa kita tour and travel untuk mendapat tips-tips perjalanan ke karimunjawa lainnya. :)