Pesona Karimunjawa Yang Tak Pernah Ada Habisnya

pesona pantai karimunjawa jepara
pesona pantai karimunjawa
Pesona Karimunjawa di Jepara tidak kalah dengan Raja Ampat yang berada di Papua. Jarak dan biaya yang lebih terjangkau menjadi alasan lain mengapa Karimunjawa begitu menarik dan sering dijadikan tujuan wisata. Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Pulau Tengah dan Pulau Kecil, adalah sebagian pulau di Karimunjawa dengan perairan lautnya yang jernih.

pantai karimun jawa jepara
pantai karimun jawa
Kondisi air laut yang bersih dan jernih selalu didamba pecinta kegiatan wisata snorkeling maupun diving. Visibilitas air sangat penting untuk melihat keindahan biota bawah laut, dan air laut di Karimunjawa yang jernih adalah solusinya. Karimunjawa tidaklah terlalu sulit dicapai. Wisatawan hanya perlu datang ke kota Jepara, dilanjutkan dengan perjalanan laut via kapal ferry dengan jarak tempuh sekitar 5 jam, dan 2 jam perjalanan dengan speedboat dari dermaga pelabuhan Kartini. Mengikuti paket 3 hari 2 malam cukup untuk liburan ke Pulau Karimunjawa.

laut karimun jawa jepara
laut karimun jawa
Sesampainya di Karimunjawa, wisatawan akan disambut dengan tulisan 'selamat datang' di gapura pelabuhan. Kejutan lainnya, wisatawan akan disuguhi kejernihan air laut di tepian dermaga. Wisatawan bisa melihat dengan jelas ikan kecil yang seakan menyambut kedatangan pengunjung. Keseruan tersebut juga akan bisa wisatawan jumpai saat melakukan aktivitas island hopping ke pulau-pulau terdekat di sekitar pulau utama. Misalnya seperti di Pulau Menjangan Besar, dimana wisatawan dapat mencoba berenang dengan hiu kecil yang tidak agresif di penangkaran ikan hiu karimunjawa.

Pulau lain di Kepulauan Karimunjawa yang wajib dikunjungi adalah Pulau Tengah. Pulau ini memiliki pasir putih nan lembut dan luas di bibir pantainya. Snorkeling tentu tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pulau tengah. Selanjutnya wisatawan juga bisa mampir ke Pantai Tanjung Gelam, Di pantai ini air jernih seakan menggoda wisatawan untuk mandi di lut dangkal. Kalau mau melihat sunset, Pantai Tanjung Gelam adalah spotnya. Tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melihat sunset di Karimunjawa.