Pantai Teluk Awur Jepara

pantai teluk awur jepara
pantai teluk awur
Kabupaten Jepara yang terletak di semenanjung utara Pulau Jawa memiliki potensi alam nan eksotis. Hampir semua pantai di wilayah Jepara berpasir putih. Baik pantai yang sudah dikelola pemerintah menjadi objek pariwisata, maupun pantai yang masih perawan belum tersentuh. Ya, potensi alam pantai turut menjadi andalan pariwisata kota Ukir Jepara. Sebut saja Pantai Kartini dan Pantai Tirta Samudra atau Bandengan. Selain kedua pantai tersebut, masih banyak pantai landai di Jepara dengan pasir putih yang menghampar dan belum dikelola secara maksimal oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara. Salah satunya adalah Pantai Teluk Awur Jepara.

Pantai Teluk Awur Jepara sepertinya pantas anda kunjungi untuk berwisata bersama keluarga. Selain pemandangannya yang menawan, uang yang harus dikeluarkan ke lokasi wisata ini juga tidak terlalu banyak. Pasalnya tidak ada tiket masuk ke area wisata pantai ini. Pantai yang terletak di sebelah selatan Pantai Kartini iini menjadi objek wisata alternatif masyarakat Jepara dan sekitarnya. Selain murah, karena masuk ke Pantai Teluk Awur gratis, akses menuju pantai di Desa Tegal Sambi dan Desa Semat ini pun mudah. Akan tetapi, karena belum dikelola secara maksimal, maka fasilitas pendukung juga masih serba sederhana. Oleh karena itu jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini silakan membawa fasilitas dari rumah.

pengunjung pantai teluk awur
pengunjung pantai
Teluk Awur sebenarnya adalah nama suatu desa di Kabupaten Jepara, Letaknya dari pusat kota Jepara dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Sedangkan dari lokasi wisata religi, Makam Sultan Hadliri atau lebih dikenal dengan Makam Sunan Mantingan tak lebih dari 15 menit ke arah barat. Meski belum dikelola Disparbud, fasilitas tempat mandi bilas sudah tersedia. Sejumlah warga membangun tempat mandi bilas semi permanen di sekitar pantai. Kita hanya merogoh kocek Rp 2.000, sudah bisa mandi bilas sepuasnya usai bermain air laut dan pasir pantai. Selain itu, banyaknya pengunjung Pantai Teluk Awur juga dimanfaatkan warga sekitar dengan menyewakan ban dan pelampung mainan untuk pengunjung.

Adapun rute yang dilewati untuk menuju pantai ini cukup mudah. Sesampainya di Kota Jepara, Anda dapat bertanya kepada siapapun hampir pasti tahu, karena pantai ini cukup familiar di Jepara dan sekitarnya. Namun sayangnya, pantai ini masih terbilang kotor. Karena hamparan pasir putih di Pantai Teluk Awur harus tertutupi sampah yang dibawa air jika air laut pasang. Di sepanjang garis pantai, sepanjang 500 meter itu tampak tumpukan sampah. Seperti sampah plastik dan potongan-potongan kayu dan bambu. Semoga suatu saat Pantai Teluk Awur Jepara bisa dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi andalan pari wisata Jepara.