Tips Penting Saat Berlibur ke Pulau Karimunjawa

Karimunjawa sudah sangat di kenal oleh para traveller domestic maupun mancanegara. Wisatawan banyak yang berbondong-bondong ingin berlibur ke karimun jawa, entah yang memakai jasa travel wisata ataupun yang sengaja melakukan perjalanan backpacker ke karimunjawa. Sebagai tempat dengan berjuta keindahan alam, karimun jawa merupakan idola pariwisata baru masyarakat. Keindahan Kepulauan Karimunjawa bisa dikatakan cukup merata, pasalnya dari darat, pantai, pulau, dan lautnya begitu indah dan memukau para wisatawan yang berlibur di karimunjawa.

diving dan snorkeling karimunjawa
wisata diving di karimunjawa

Saat ini yang paling menonjol dari karimunjawa adalah wisata bawah lautnya. Perairan Karimunjawa menyimpan keindahan dan keunikan masing–masing yang belum tentu bisa kita dapatkan di tempat lainnya. Pulau Karimun Jawa sebagai pulau utama di gugusan kepulauan ini merupakan pulau dengan jumlah penduduk paling banyak dibandingkan dengan pulau lainnya. Memang ada 26 pulau lainnya yang bisa kita explore keindahannya. Nah, bagi Anda dan keluarga yang tertarik ingin berwisata ke Pulau Karimunjawa, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika berlibur ke Karimunjawa.

Mempersiapkan Liburan Ke karimunjawa

1. Waktu Keberangkatan
Persiapkan waktu keberangkatan ke pulau karimunjawa. Karimunjawa tidak seperti pulau lain di Indonesia. Untuk ke karimunjawa kita harus tepat dalam memilih waktu keberangkatan, karena jika salah bisa berakibat molornya jadwal liburan. Jadwal kapal ke karimun jawa tidak tiap hari ada. Oleh sebab itu carilah info sedetail mungkin tentang keberangkatan kapal yang dari pelabuhan semarang atau pelabuhan kartini jepara. Selain itu liburan di karimunjawa juga kurang puas jikalau hanya 1 hari atau 2 hari saja (baca: paket karimunjawa 3 hari 2 malam terlaris). Banyaknya keindahan di karimunjawa memaksa kita untuk berlibur lebih lama.

2.Fisik Dan Stamina
Persiapkan kebugaran tubuh anda jika ingin ke karimunjawa. Kenapa kesehatan sangat penting, karena perjalanan ke karimunjawa memakan waktu yang cukup lama. Perjalanan ke kota jepara saja sudah cukup lama, belum lagi ditambah perjalanan laut yang harus ditempuh 2 jam naik kapal cepat express, atau 5 jam jika naik kapal ferry. Mulailah dengan olahraga renang. Kenapa harus renang? Karena di karimunjawa wisatanya kebanyakan di air. Wisatawan dituntut bisa berenang kalau ingin mendapatkan foto-foto underwater yang bagus.

3. Biaya Liburan
Perkirakan biaya liburan secara matang. Hal ini perlu sekali untuk Anda yang ingin berwisata secara backpacker (tanpa biro travel). Dalam perjalanan ke karimunjawa, kebanyakan ada 2 biaya utama yang harus dipersiapkan. Yang pertama biaya kendaraan (darat dan laut), yang kedua biaya selama di karimunjawa (makan, penginapan, dan akomodasi selama di karimunjawa). Jika Anda memakai jasa biro travel karimunjawa, pilihlah paket wisata karimun jawa yang terjangkau dengan kantong Anda.

4. Itinerary Atau Jadwal Acara
Jangan malas untuk bertanya dan mencari tahu serta menggali informasi apapun tentang karimunjawa. Anda bisa coba browsing di internet untuk mencari info tentang karimunjawa. Diinternet banyak sekali informasi yang bisa kita ambil sebelum melakukan perjalanan ke karimunjawa. Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan, dan kemana saja yang akan kita tuju. Kita harus tahu pasti, jangan sampai kita sudah jauh-jauh ke karimunjawa, tapi tidak menemukan kepuasan.

Info Tips Penting Untuk Wisatawan

1) Listrik di Pulau Karimunjawa hanya menyala 12 jam, dari pukul 18.00 – 06.00

2) Bawa dan pakailah Sunblock Cream untuk melindungi kulit dari sinar matahari

3) Bawa HP yang memakai kartu GSM, sinyal di karimun jawa hanya ada GSM

4) Bawa power bank untuk charge batere hp atau kamera, tau lah di karimunjawa miskin listrik

5) Jangan sampai telat datang masuk kapal penyeberangan, karena kapal hanya berangkat sehari cuma sekali

6) Bawalah kotak medis P3K, karena dikarimunjawa banyak karang dan hewan-hewan laut yang kemungkinan beracun

7) Bawalah uang tunai yang cukup, banyak malah lebih baik, ATM di karimunjawa cuma 1 dan sering rusak, karena kebanyakan pengguna

8) Bawalah makanan dan minuman dari pulau jawa lebih, karena harga-harga di karimunjawa lebih mahal daripada di pulau jawa

9) Cobalah masakan khas karimunjawa, dan jangan lupa beli souvenir untuk oleh-oleh

10) Untuk anda yang baru pertama kali ke Karimunjawa, disarankan ikut biro agen jasa wisata karimunjawa, Bisa mencoba Karimun Jawa Kita Tour And Travel, karena biro wisata ini sudah berpengalaman dan memberi jadwal acara tour wisata yang baik dan rapi serta harga yang terjangkau, sehingga akan memuaskan para wisatawan.