Tenun Troso Jepara

Tenun ikat Troso khas Jepara, adalah salah satu ikon kota jepara selain ukiran. Kabupaten jepara juga di kenal sebagai daerah yang produktif, terutama akan kerajinan tangan. Ukiran Jepara sudah lebih dulu terkenal ke pelosok negri dan sekarang disusul oleh Tenun Ikat Troso Jepara.

tenun troso jepara
tenun troso

Wilayah Troso ikut dalam kecamatan Pecangaan dan berjarak kurang lebih 12Km dari kota Jepara. Di daerah ini merupakan salah satu sentra industri kecil yang memiliki peluang untuk dikembangkan sebagaimana mebel ukir (furniture). Dengan mulai dikenalnya Tenun Troso di kawasan dalam negri dan luar negeri, sedikit banyak ikut membantu pengembangan ekonomi masyarakat Troso khususnya dan Kabupaten Jepara pada umumnya.

Sejarah Tenun Jepara

Sejarah Singkat Tenun Troso Jepara, seiring berkembangnya zaman tentunya kerajinan semacam tenun akan semakin di tinggalkan. Banyak kalangan muda yang malu jika memakai tenun khususnya tenun troso jepara, di Jepara sendiri para kawula muda atau muda mudi di jepara kurang begitu antusias tentang warisan leluhur yang mungkin sudah ada sejak zaman dahulu. Tenun Toso Jepara sendiri sudah ada sejak kisaran Tahun 1935, kerajinan ini didapat secara turun menurun dari keluarga.

motif tenun troso jepara
motif tenun troso

Semula orang Troso Jepara Membuat tenun gedong, kemudian Pada tahun 1935 keahlian mereka berkembang, dengan membuat Tenun pancal. Nah Sejak tahun 1946 warga troso membuat Tenun dengan alat Mesin (ATBM) yang hasilnya sering di sebut Sebagai Tenun troso Jepara. Perkembangan tenun troso yang prospektif menginspirasi desa - desa yang berada di dekat desa Troso untuk melakukan hal sama. Desa sowan lor, desa pecangaan Kulon yang bersebelahan dengan desa troso pun kini melakukan hal yang sama yakni memproduksi tenun ikat Troso jepara, seiring berkembangnya zaman mulailah tenun troso di kenal masyarakat luas.

kerajinan kain troso

Model, Motif, Dan Desain Tenun Troso Jepara

Kain Tenun Troso setiap saat semakin berkembang dengan berbagai macam motif, seperti Tenun Baron, Tenun Ikat Etnik, Tenun Kain Pantai, Tenun Lurik, Tenun Misris & Endek, Tenun Obama, Tenun Polosan, Tenun Rangrang, Tenun SBY, Tenun Songket Bali, Tenun Songket Bima, dan lain-lain. Tenun Troso Jepara akhirnya semakin di kenal di kancah dunia, setelah banyak orang-aorang penting dinegeri ini memakai Kain tenun Troso.

Wisata Tenun Troso Jepara

Bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan wisata tenun troso untuk melihat produknya bisa menghubungi guide Karimunjawa Kita Tour setelah anda liburan dari pulau karimunjawa.