Tips Liburan Murah

Tips liburan murah dan hemat yang tepat untuk mengisi waktu libur yang menyenangkan dan mengesankan untuk mengisi liburan asik dan murah. Liburan memang terkadang banyak menghabiskan uang dan bahkan tidak bermanfaat sama sekali. Namun sedikit cerdas dalam memilih liburan yang pas untuk kantong dan menyenangkan akan bermanfaat anda dan keluarga.

Tips liburan hemat ada banyak sekali, mulai dari menghabiskan waktu di rumah, atau pergi ke tempat wisata yang murah serta berkesan untuk dikenang. Biaya untuk liburan memang tergantung lokasi yang anda inginkan atau hanya menghabiskannya di rumah atau di tempat nenek di kampung.

Tips Liburan Hemat

Tips liburan hemat untuk anda yang sedang mencari informasi bagaimana cara mengisi liburan yang murah tapi tidak menguras kantong.

1. Cari Lokasi Liburan
Cari lokasi liburan jauh jauh hari sebelum Hari – H, rencanakan kemana anda akan mengisi liburan tersebut agar anda dapat mempersiapkan peralatan dan apa saja yang akan dibawa dengan lengkap. Selain itu cari lokasi liburan yang memiliki lokasi tidak terlalu jauh dari rumah anda.

2. Tempat Wisata Ekonomis
Ada banyak tempat wisata yang tidak menguras kantong namun dapat dinikmati dan cukup menyenangkan. Sebagai contoh adalah kebun binatang, wisata tempat dan kota tua, wisata alam bersama, dan bersepeda santai. Berbagai tempat wisata ini mungkin menjadi pilihan liburan hemat yang menyenangkan

3. Penginapan
Jika anda berlibur di luar pulau atau dalam beberapa hari tentunya anda membutuhkan tempat penginapan. Penginapan atau hotel menjadi salah satu faktor yang menjadi pengeluaran terbesar. Ada baiknya anda menjadi hotel atau penginapan murah di sekitar lokasi tersebut. Biasanya penginapan di tempat wisata tersebut tentu akan sangat mahal dan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pinggirannya.

4. Pertimbangkan Paket Wisata Dari Perusahaan Tour & Travel
Perusahan tour & travel biasanya telah mendesain perjalanan liburan untuk berbagai paket yang mereka tawarkan. Harga dan biaya ini biasanya telah termasuk biaya akomodasi, makan, penginapan, dan beberapa paket jalan jalan lainnya. Biasanya biaya ini lebih hemat karena telah dihitung untuk beberapa orang dibandingkan jika kita melakukan perjalanan sendiri.

5. Jangan Belanja Barang Terlalu Banyak
Sudah menjadi rahasia umum bahwa barang yang dijual di tempat wisata jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga dasarnya. Jadi jangan belanja barang terlalu banyak agar kantong anda tidak terkuras kering.

6. Sanak Saudara
Jangan lupa jika anda memiliki sanak saudara di daerah mungkin anda dapat mencari tempat wisata di daerah tersebut. Jika anda telah menentukan tempat tujuan wisata, mungkin anda dapat mencari sanak saudara disekitar daerah tersebut sebagai tempat penginapannya.

7. Bawa Bekal Secukupnya
Jika anda telah menentukan lama liburan tersebut, pastikan anda membawa bekal yang mungkin dapat anda gunakan saat berlibur. Hal ini akan menghemat pengeluaran anda saat liburan tersebut.

Tips Liburan Murah

Tips liburan murah tidak hanya dibutuhkan untuk anda yang sedang menikmati masa liburan, namun bagi anda yang ingin refreshing dari kesibukan kantor. Ada beberapa tips liburan hemat dan murah yang dapat anda pertimbangkan.

1. Liburan di rumah.
Liburan yang paling murah bahkan tanpa ongkos. Dirumah ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti bermain dengan anak bagi orang tua. Bagi anak anak dapat menghabiskan waktu liburan dengan membantu orang tua atau bermain game.

2. Liburan di kampung halaman.
Biasanya liburan murah di kampung halaman adalah hal yang banyak dilakukan. Liburan di kampung menjadi pilihan terbaik, biasanya liburan ini lebih dimaksudkan untuk lepas kangen.

3. Tidak berlibur pada musim liburan sekolah atau hari besar.
Jika anda berlibur pada musim liburan sudah tentu tiket dan biaya akan lebih besar. Untuk biaya akomodasi sendiri biasanya dapat meningkat hingga 2 sampai 3 kali lipat, jadi alternatif liburan tidak pada saat musim liburan mungkin dapat dipertimbangkan.
Jika anda sedang mengisi liburan dan kekurangan biaya atau dengan budget yang pas-pasan, mungkin pilihan liburan di rumah memang cukup bijak. Tidak wajib setiap liburan harus dimanfaatkan dengan berwisata yang membutuhkan biaya mahal.
sumber: Blogging.co.id