Tips And Tricks Travelling To Karimun Jawa Island


tanjung gelam karimun Jawa


Mau liburan ke Karimunjawa dalam waktu dekat? Mungkin ada baiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu, semoga bisa menambah sedikit info tentang pulau Karimun Jawa.

Untuk merencanakan perjalanan ke Karimun Jawa sebaiknya kita:

1. Menentukan waktu
Mengetahui kapan kita akan berangkat liburan adalah hal wajib, lalu setelah itu adalah menentukan waktu berapa hari kita akan berlibur. Nah setelah kita sudah memilih hari keberangkatan kemudian cek jadwal kapal penyeberangan ke pulau Karimun Jawa baik yang dari Jepara maupun dari Semarang.
Kalau kita start dari Jepara, bisa cek contact person ASDP Jepara : (0291) 591 048. Pesan tiket KMP Muria (Ekonomi atau VIP) atau menghubungi kantor kapal cepat ekspres, bisa di lihat di SINI untuk jadwal keberangkatan kapal cepat. Untuk kapal cepat hanya memerlukan watu 2 jam perjalanan, sementara perjalanan pake kapal ferry 6 jam. Kalau dari Semarang (Pelabuhan Tanjung Mas) pake Kapal Cepat Kartini, dengan lama perjalanan kurang lebih 3,5 jam.

2. Memesan tiket transportasi.
Bisa bus, kereta api, pesawat, atau jasa transportasi travel. Untuk info harga tiket dan pemilihan transportasi bisa lihat di SINI.

3. Memilih penginapan (bisa via telepon)
Banyak banget penginapan di Karimun Jawa, mulai dari homestay (rumah penduduk) sampe hotel atau resort berkelas. Info hotel di Karimunjawa bisa cek di SINI, untuk homestay di SINI.

4. Membuat itinerary atau jadwal acara
Jadawal acara ini sangat penting, karena kita dituntut untuk membagi waktu seefektif mungkin tapi tetap bisa mengeksplore keindahan Karimunjawa secara lengkap.

6. Membawa uang cash secukupnya
Karimun Jawa sekarang sudah ada ATM BRI, dan menjadi satu-satu nya ATM di kepulauan Karimunjawa. ATM ini termasuk dalam kategori ATM bersama, jadi kita bisa memanfaatkannya untuk keperluan kita selama liburan.

7. Menyewa perlengkapan
Karimunjawa adalah suatu kepulauan yang dikelilingi oleh laut jawa. Jadi banyak sekali tempat-tempat yang indah di daratan maupun di lautan. Untuk di darat mungkin kita tidak terlalu memerlukan alat, paling-paling hanya kamera yang dijadikan untuk merekam moment terindah. Tetapi untuk melihat keindahan di bawah laut, kita perlu alat. Alat-alat snorkeling berupa pelampung, kacamata renang, sepatu katak (fin) adalah alat wajib yang harus kita dapatkan.

8. Membawa perlengkapan
Untuk menjaga kulit kita dari sengatan hawa panas matahari, jangan lupa bawa sunblock, suncream, dll. Selain itu bagi yang suka memancing, bisa membawa alat pancing sendiri. Oya, satu lagi, jangan lupa membawa Power bank, hal ini ditujukan sebagai antisipasi listrik yang tidak maksimal di karimunjawa. Perlu diketahui listrik di Karimunjawa hanya menyala selama 12 jam saja, yakni mulai pukul 5 sore sampai pukul 5 pagi.

9. Memilih paket wisata Karimunjawa
Jika Anda merasa tidak ada waktu atau tidak sempat untuk melakukan hal-hal diatas, Anda bisa menyewa jasa paket Karimunjawa yang sekarang banyak didirikan. Jasa paket Karimunjawa tersebut biasanya akan membantu segala kebutuhan Anda dalam berlibur ke pulau Karimunjawa. Mulai dari tiket kapal ke Karimunjawa PP, penginapan, makan, tour wisata, memberikan fasilitas snorkeling, dll. Salah satu biro travel tour paket Karimun Jawa yang menaungi paket wisata karimunjawa adalah karimunjawakita.com

Demikian beberapa tips dan tricks liburan ke pulau Karimunjawa.
Selamat liburan ....!