PLN Akan Bangun Pembangkit Listrik Di Karimun Jawa

gambar ilustrasi dari google
gambar ilustrasi
Ada kabar gembira bagi masyarakat Karimun Jawa, yaitu kemungkinan besar listrik di pulau Karimunjawa akan menyala 24 jam. Seperti diketahui sekarang ini listrik di karimun jawa hanya menyala 12 jam saja, yaitu dari pukul 18.00 - 06.00 wib.

Menurut berita online dari Metro News ( link asli KLIK DISINI ) menyebutkan bahwa sebentar lagi masalah listrik di pulau Karimun Jawa Jepara Jawa Tengah, akan segera teratasi.

Berikut ini berita selengkapnya:

Setelah resmi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas berbahan bakar Compres Nature Gas (PLTMG - CNG) di Pulau Bawean, PT PLN (Persero) juga segera menggunakan PLTMG di Pulau Karimun Jawa.

Kepala Divisi Gas dan BBM PLN Suryadi Mardjoeki mengatakan, dalam waktu dekat PLTMG CNG Pulau Karimun Jawa akan menggunakan bahan bakar Compres Nature Gas (CNG).

"Sesudah Karimun Jawa, Kepulauan di Riau juga akan pakai PLTMG CNG. PLN Batam sudah mendapatkan penugasan dari PLN untuk melaksanakan program gasifikasi pulau-pulau di kepulauan Riau," ujar Suryadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Nantinya, lanjut Suryadi, PLTMG di Kepulauan Riau akan dialirkan gas menggunakan CNG atau mini Liquide Nature Gas (LNG).

"Target kita saat ini adalah mengurangi penggunaan BBM di pulau-pulau sehingga target fuel mix sebesar 1% pada tahun 2017-2018 bisa terpenuhi," ujar pria kelahiran Sidoarjo 24 Juni 1959 ini.

Sejak tahun 2011, perusahaan pelat merah ini memang telah mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sebagai bahan bakar melalui teknologi CNG Plant.

CNG plant merupakan usaha PLN untuk melakukan efisiensi pemakaian gas dengan cara pemampatan atau kompresi gas pada saat kebutuhan pembangkitan rendah.

Sebagai informasi, pada tahun 2013 penggunaan BBM menurun menjadi 12% setelah sebelumnya pada tahun 2012 sebesar 15%. Sedangkan Tahun 2011 penggunaan BBM masih sebesar 24,5%.

Semoga saja bisa cepat direalisasikan, Amin.