Taman Nasional Karimun Jawa

Kepulauan Karimunjawa memang benar-benar menyimpan pesona luar biasa sebagai tujuan wisata. Karimunjawa adalah benar-benar "surga" bagi mereka yang hobinya olahraga air, terutama diving (menyelam) atau snorkeling. Jika Anda telah ke Pulau Karimunjawa, pasti ingin berlama-lama menikmati panorama keindahan pulau-pulai di kepulauan karimunjawa.

menikmati keindahan bawah laut karimun jawa

Jika Anda tidak dapat berenang, Anda tidak usah khwatair. Meskipun di tengah-tengah laut, banyak tempat yang dangkal. Disana Anda akan bebas bermain-main air. Atau Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karang yang elok berwarna-warni. Jika petang menjelang, sunset yang menakjubkan akan menjadi suguhan istimewa untuk Anda melewatkan hari libur di karimun jawa.

Taman Nasional Karimunjawa adalah beberapa pulau yang dikelilingi laut dengan kesejukan angin khas pantai. Karimunjawa memiliki kekayaan flora dan fauna ekosistem mulai dari terumbu karang, hutan bakau (Seagrass Meadow), pantai, hutan, dan hutan dataran rendah. Di bawah air ada fauna akuatik Karimunjawa yang terdiri dari 242 spesies ikan hias. Karimunjawa juga rumah bagi fauna langka yaitu laut elang dada putih yang banyak ditemuka di Pulau Burung dan Pulau Geleang. Hewan langka lainnya adalah dua spesies penyu, penyu hijau dan penyu sisik yang banyak hidup di kepulauan karimunjawa.

Karimunjawa memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan multietnis. Masyarakat di kepulaun karimun jawa meliputi Jawa, Bugis, dan Madura. Warga dari suku Jawa banyak yang tinggal di Desa Karimunjawa, sedangkan suku lainnya tersebar di beberapa pulau, diantaranya, Pulau Kemojan, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Kebanyakan warga masyarakat berprofesi sebagai nelayan yang mengandalkan hasil laut. Namun seiring berkembangnya dunia pariwisata, kini sudah mulai banyak warga yang bekerja sebagai agen tour wisata pulau karimun jawa.