Pulau Tengah Karimun Jawa

Pulau Tengah di Karimunjawa merupakan pulau yang bisa dibilang wajib di kunjungi apabila kita wisata atau liburan ke karimun jawa. Pulaunya lumayan indah dan sudah memiliki beberapa fasilitas yang memadai, kalau tidak bisa dikatakan lengkap. Ada dermaga, wc umum atau kamar mandi untuk bilas, penjual makanan dan minuman, bangunan khas suku bugis (rumah panggung), dan yang bikin kerasan adalah banyak pohon dan hamparan rumput hijau sehingga membikin wisatawan betah berlama-lama di pulau ini.

pulau tengah karimun jawa

Bibandingkan dengan pulau-pulau di kepulauan Karimunjawa lainnya, pulau ini sangat cocok untuk dijadikan wisata keluarga dan juga bisa untuk belajar snorkeling karena terdapat 2 spot snorkeling disekitar pulau ini. Tidak terlalu jauh dari Pulau Tengah ada Pulau Kecil yang juga sering dijadikan spot snorkeling karena banyak dihuni oleh ikan hias.

snorkeling di pulau tengah karimun jawa

Keadaan laut di pulau tengah cukup tenang sehingga cocok sekali untuk berendam di laut. Terdapat juga pantai dengan pasir putih yang cukup panjang, cocok bagi anda yang suka bermain pasir atau berjemur di pantai. Pulau Tengah ini dihuni oleh 2 orang suami istri sebagai penjaga dan perawat pulau sekaligus sebagai penjual makan dan minuman. Luas pulau tengah sekitar 4 hektar dan terletak di bagian timur pulau utama, Karimunjawa.

terumbu karang perairan pulau tengah karimun jawa

Bagi yang suka wisata snorkeling ada spot dengan keindahan terumbu karang di depan dan di belakang pulau tengah. Anda ingin berfoto dengan nemo? Cari saja di sini! Biasanya nemo bermain di karang-karang, tapi masalahnya biasanya cukup dalam. Anda bisa langsung meminta tolong kepada guide tour (karimun jawa kita) untuk berfoto bersama nemo. Nanti langsung akan dibantu untuk didekatkan dengan nemo maupun binatang unik lain.