Wisata Karimunjawa Jepara

Karimunjawa berlokasi di Laut Jawa dan terletak di Kabupaten Jepara yang berjarak sekitar 83 KM dari Pantai Kartini. Kepulauan Karimunjawa merupakan gugusan pulau-pulau yang berjumlah total 27, namun hanya 5 pulau saja saat ini yang berpenghuni. Potensi wisata yang paling utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan pantai, laut, dan bawah lautnya. Karena sektor pariwisata yang sangat berpotensi ini, maka karimunjawa ditetapkan sebagai balai taman nasional Indonesia, yang disebut Taman Nasional Karimunjawa.

wisata karimunjawa jepara

Legenda / Riwayat Cerita Tentang Karimunjawa

Menurut legenda yang berkembang di masyarakat, cerita tentang nama karimunjawa berasal dari kisah seorang penyebar agama islam yang bernama Syekh Amir Hasan dan merupakan putra Sunan Muria. Dikisahkan kalau Syekh Amir Hasan merupakan anak didik dari gurunya, sunan kudus, yang merupakan pamannya sendiri. Namu karena beliau dalam kesehariannya adalah anak yang nakal, maka Sunan Kudus kemudian membuangnya ke kepulauan yang bila dilihat dari atas gunung muria (gunung di perbatasan Kudus, Jepara, dan Pati) terlihat kremun-kremun (dalam bahasa Jawa) atau berarti samar-samar dalam Bahasa Indonesia. Kemudian lama kelamaan kremun-kremun berubah menjadi krimun / karimun jika diucapkan dengan cepat. Lalu kepulauan tersebut akrab disebut sebagai krimunjawa atau karimun jawa.

Cara Menuju Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa merupakan tempat wisata yang mempunyai lebih dari 90 jenis terumbu karang bawah laut, dan lebih dari 240 jenis ikan. Beberapa spesies satwa lainnya yang bisa ditemui di karimunjawa adalah rusa, kera, berbagai jenis burung, penyu, dan lain-lain.Karimunjawa yang termasuk dalam salah satu kecamatan di jepara ini merupakan tempat wisata cukup susah dikunjungi. Tercatat pembagian untuk menuju pulau karimunjawa adalah dibagi 2 cara.

1. Jalur laut

Jalur laut ini adalah jalur yang paling banyak atau paling umum digunakan oleh wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Terhitung ada 3 pilihan kapal yang dapat membawa anda ke destinasi wisata ini. Yang pertama ada KMC Kartini 1 yang berasal dari pelabuhan semarang. Sedang yang kedua ada kapal cepat Express Bahari yang berlayar dari jepara. Yang ketiga atau terakhir ada namanya kapal KMP Siginjai yang biasa berangkat dari pelabuhan kartini jepara.

Ke 3 kapal mempunyai jadwal pelayaran sendiri-sendiri dan berbeda satu sama lain. KMC Kartini 1 misalnya, hanya berangkat di hari sabtu dari pelabuhan tanjung mas semarang, sedangkan kapal cepat express bahari dan KMP siginjai biasa berangkat dari pelabuhan jepara dengan jadwal yang cukup banyak (baca: jadwal kapal karimunjawa).

2. Jalur udara

Kabar baik bagi wisatawan yang ingin liburan ke karimunjawa, karena sudah dibukanya jalur udara dari semarang. Jadwal pesawat dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Bandara Dewandaru Karimunjawa kini bisa dilakukan rutin tiap hari kamis dan jumat. Meskipun baru 2 kali dalam seminggu, namun hal ini sudah cukup membantu para wisatawan jika memang keadaan di perairan karimunjawa tidak memungkinkan untuk pelayaran kapal.

Saat ini baru satu pesawat komersial yang melayani jalur semarang-karimunjawa. Pesawat dari maskapai penerbangan nasional, Susi Air, adalah pioner dari perusahaan maskapai penerbangan yang berani membuka jalur ke karimunjawa. Pesawat susi air ke karimunjawa saat ini baru bisa dinaiki oleh 10 orang penumpang saja. Tapi semoga kedepannya bisa digantikan dengan pesawat yang berkapasitas penunpang lebih banyak, sehingga bisa menjadikan wisata karimunjawa lebih maju (baca: info pesawat ke karimunjawa)