Pulau Panjang Jepara

Karimunjawa sudah banyak dikenal seantero dunia, dan sudah menjadi primadona dari Kabupaten Jepara, Jateng. Tapi sebetulnya tak hanya itu saja, banyak yang belum tahu kalau ada tempat indah lain di sekitaran jepara. Jika ada wisatawan yang pernah ke karimunjawa memakai kapal dari Pelabuhan Kartini Jepara, hampir pasti pernah melihat pulau indah ini.

gapura selamat datang pulau panjang
gapura selamat datang pulau panjang

Pulau Panjang namanya, suatu pulau yang tidak jauh dari daratan jepara. Pulau ini terletak sekitar 2,5km dari Pantai Kartini, dan dapat ditempuh dengan naik perahu nelayan dengan waktu kurang lebih 10 menit. Pulau ini terhitung masih perawan dan belum banyak dijamah orang, tapi mempunyai daya tarik tersendiri. Bentuknya cukup kecil namun terlihat memanjang, sehingga dinamakan Pulau Panjang.

komplek makam di pulau panjang
komplek makam pulau panjang

Dulu, sewaktu penulis masih kecil, banyak sekali rumah burung pemakan ikan (blekok; jawa). Jadi di dalam pulau ditumbuhi banyak pohon yang menyerupai hutan dan merupakan tempat tumbuh dan kembang biak burung-burung pemakan ikan. Namun sekarang burung-burung tersebut sudah jarang terlihat, tidak tahu kemana sekarang, apakah masih atau punah? Bagi yang suka akan wisata religi, pulau panjang cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi. Karena di pulau ini terdapat makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy yang sering dikunjungi para peziarah.

Pulau Panjang Cocok Untuk Mancing Dan Camping

Bagi traveler yang hobinya petualang, silahkan mencoba camping di pulau panjang. Di pulau panjang adalah tempat yang sangat tepat untuk bertenda bersama teman. Yang mengesankan adalah pada bagia barat pulau ini merupakan bentangan laut jawa yang luas. Jadi jika wisatawan ingin melihat sunset, akan terlihat sangat jelas. Belum lagi saat malam hari, bintang di langit akan terlihat indah dan asyik jika dinikmati dari pulau panjang jepara.

camping di pulau panjang
camping di pulau panjang

Jangan khawatir akan keberadaan air tawar dan WC umum, di pulau panjang terdapat sumur air tawar dan mushala yang dijaga oleh penjaga makam. Jadi traveler tidak perlu takut kehabisan bekal air minum dan air untuk memasak. Akan sangat istimewa jika Kita memancing di pantai yang banyak ikan, lalu kita buat api unggun dan barbeque malam hari dari hasil mancing kita. Spot mancing di pulau ini termasuk kaya akan ikan, salah satunya di dermaga pulau panjang.

jalan tengah hutan pulau panjang
jalan tengah hutan pulau panjang

Kapan lagi kita akan berpetualang dekat dengan alam, dan pulau panjang menyediakan semuanya. Sunset, spot mancing, sunrise, bintang-bintang, pasir putih, adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam. Sejenak kita akan terlepas dari capek, penat, lelah, dan suntuk jika liburan di pulau ini. Jika anda di jepara, jangan lupa untuk ke pulau panjang.